Cara Merawat Mobil Manual dengan Mudah, Begini Tipsnya!


 

Mobil Manual

Mobil manual masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Hal ini didasari oleh harga jualnya yang lebih murah dibandingkan dengan mobil matic (CNN Indonesia). Namun, mobil ini juga sebetulnya disenangi banyak pengendara karena kemampuan akselerasi serta pengaturan laju kendaraan yang lebih akurat. Tak ayal, tawaran paket kredit Mitsubishi Xpander tipe manual dari https://www.dipostar.com/id/simulasi-pembiayaan.htm masih cukup laris meski pandemi menerjang.

Meski begitu, kapasitas mumpuni mobil manual tetap perlu didukung dengan perawatan dan pemeliharaan kendaraan yang tepat. Tujuannya agar mobil dan seluruh komponennya dapat berumur panjang dan tentu saja meminimalkan Anda dari kerugian finansial. Lalu, bagaimana cara tepat merawat mobil manual? Mudah saja, berikut tips-tipsnya!

1.      Ganti oli sesuai dengan waktunya

Oli adalah salah satu pelengkap mobil yang sangat penting. Sebab, cairan ini bertugas melumasi komponen-komponen mesin mobil agar tidak terjadi pergesekan. Oleh sebab itulah, penggantian oli serta filternya sangat memengaruhi kinerja mesin mobil.

Untuk menjaga kondisi mesin mobil selalu prima, oli mobil wajib diganti secara berkala dan tepat pada waktunya. Secara umum, pabrikan mobil merekomendasikan oli diganti setiap 10.000 km. Akan tetapi, ada juga panduan penggantian oli setiap 6 bulan sekali. Anda tinggal memilih mana dari kedua patokan ini yang ‘sampai’ lebih dulu.

2.      Cek dan isi kesediaan air radiator

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat mobil sedang melaju. Untuk itulah, kualitas dan kuantitas air radiator bisa juga menentukan kesehatan mesin mobil. Maka dari itu, pastikan Anda mengisi air di tabung radiator secara berkala agar mesin dapat bekerja dengan baik. Idealnya, air radiator diganti setiap 20.000 km.

3.      Cek timing belt

Timing belt adalah komponen mobil yang bertugas untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang dihubungkan ke bagian internal mesin. Jika Anda mendengar suara dengung atau bising ketika mesin mobil dinyalakan, maka bisa saja ada kerusakan pada timing belt. Bila Anda memahami kondisi ini, lekas ganti timing belt sebelum ia putus dan membuat komponen-komponen lain mesin mobil menjadi rusak.

Nah, itu dia 3 cara mudah merawat mobil manual. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

0 komentar:

Posting Komentar