3 Waktu Terbaik untuk Upgrade Mobil Baru


Mobil Bekas DI Mocil

Kapankah waktu tepat untuk mengganti mobil dengan yang baru? Pada dasarnya tidak ada aturan pasti mengenai hal ini. Karena itulah biasanya orang menggunakan keinginan dan kemampuan finansial sebagai acuannya. Misalnya, ketika harga mobil bekas murah untuk mobil yang diinginkan sudah sesuai dengan budget yang dimiliki maka kemungkinan mobil lama akan diganti dengan mobil lain.


Namun sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dijadikan indikator untuk menentukan waktu tepat mengganti mobil. Dilansir dari otomotif.kompas.com, inilah beberapa di antaranya:


  1. Tingginya Biaya Perawatan Mobil

Supaya kondisinya tetap prima, mobil baru maupun bekas butuh perawatan secara berkala. Biasanya, besar kecilnya biaya perawatan tergantung pada tingkat kebutuhannya. Jika mobil mengalami kerusakan pada bagian-bagian penting, bisa jadi biaya perawatan tiap tahunnya pun akan semakin besar.

Besarnya biaya perawatan juga tergantung pada usia mobil itu sendiri. Mobil tua umumnya cenderung membutuhkan perawatan ekstra, sehingga biayanya pun lebih mahal. Nah, jika Anda merasa total biaya perawatan sudah melebihi setengah nilai jual mobil, sebaiknya Anda mulai menggantinya dengan yang baru.


  1. Suku Cadang Sulit Didapatkan

Salah satu kendala yang sering dikeluhkan oleh pemilik mobil adalah sulitnya mendapatkan suku cadang; terutama untuk mobil yang berumur lebih dari 10 tahun. Selain langka, suku cadang untuk mobil tua pun seringnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari suku cadang mobil baru.

Kelangkaan suku cadang inilah yang membuat pemilik mobil kewalahan jika mobil mengalami kerusakan. Tak hanya itu, kondisi ini juga menyebabkan biaya perawatan mobil membengkak. Daripada harus menghabiskan uang untuk membeli suku cadang yang sulit ditemukan di pasaran, membeli mobil baru bisa jadi pilihan alternatif.


  1. Pindah Rumah ke Area Rawan Banjir

Dilansir dari oto.detik.com, pindah rumah ke zona rawan banjir juga bisa jadi saat yang tepat untuk mengganti mobil. Mobil jenis sedan, city car, ataupun hatchback kurang mendukung jika digunakan di area rawan banjir. Sebab, mobil jenis tersebut memiliki ground clearance yang pendek, sehingga dapat menimbulkan masalah serius pada saat musim penghujan.

Sebagai gantinya, Anda dapat beralih ke jenis mobil dengan ground clearance yang lebih tinggi. Dengan begitu, Anda bisa sedikit lebih tenang saat akses di tempat tinggal terendam banjir.


Selain tiga faktor di atas, waktu terbaik untuk mengganti mobil adalah saat jumlah keluarga bertambah. Sebaiknya gantilah mobil ke kapasitas yang lebih besar agar tetap nyaman selama berkendara.


Itu dia waktu-waktu terbaik untuk mengganti atau meng-upgrade mobil Anda. Semoga bermanfaat, ya!

 

0 komentar:

Posting Komentar