Macam-Macam E-Wallet Di Indonesia, Ramah Bisnis Kekinian!


Penggunaan e-wallet saat ini sudah benar-benar merata di berbagai kota besar di Indonesia. Tak hanya digunakan untuk melakukan transaksi oleh pelanggan atau konsumen saja, pihak penjual atau pemilik bisnis juga sudah sewajarnya menyediakan layanan pembayaran dengan menggunakan dompet digital ini. Pasalnya, banyak sekali kelebihan yang sudah dirasakan untuk memudahkan transaksi yang terjadi.

Paling sederhana saja, transaksi bisa diselesaikan semudah melakukan pemindaian pada QR Code yang tersedia. Atau dengan melakukan pembayaran secara langsung dari akun yang dimiliki konsumen ke akun perusahaan atau penjual. Praktis, ringkas, tanpa perlu menunggu kembalian dan direpotkan dengan uang pas, transaksi digital ini sudah menjelma dari fasilitas jadi kebutuhan di dunia bisnis.

Di Indonesia sendiri, terdapat cukup banyak layanan e-wallet yang tersedia dan bisa digunakan oleh konsumen maupun pebisnis. Tentu, konteks penggunaannya adalah konsumen sebagai pihak yang membayarkan, dan pebisnis menjadi pihak yang menyediakan cara pembayaran sesuai dengan akun dompet digital yang dimiliki konsumen. Beberapa macam e-wallet yang sering digunakan dalam bisnis adalah sebagai berikut.


OVO

Sering memberikan cashback untuk penggunanya dan banyak bekerjasama dengan pemilik bisnis, tak heran jika pengguna OVO juga cukup besar jumlahnya. Anda tinggal melakukan instalasi, mengisi saldo, dan Anda sudah bisa melakukan transaksi menggunakan layanan OVO.

Selain itu, OVO juga terintegrasi dengan layanan yang disediakan Grab, sehingga bisa sekaligus digunakan untuk keperluan lain yang berbentuk transaksi digital jarak jauh. Dipadukan dengan banyak promo, Anda akan banyak mendapat keuntungan dari penggunaan layanan ini.

OVO sendiri memiliki dua fitur utama, yakni pembayaran dan poin yang bisa dikumpulkan untuk digunakan kembali sebagai alat pembayaran. 1 OVO poin setara dengan 1 rupiah OVO, jadi nilainya akan berguna ketika semakin besar.


DOKU

Jika berbicara mengenai e-wallet, DOKU tidak mungkin dilewatkan dari setiap daftar yang dibuat. Menjadi pelopor penyedia layanan dompet digital, DOKU telah melakukan kerjasama dengan banyak pihak, termasuk terhubung dengan kartu kredit, uang elektronik, hingga pembayaran di merchant di berbagai kota besar.

Selain melakukan transaksi online, Anda juga bisa melakukan tarik tunai dengan DOKU e-wallet, melakukan transfer ke rekening bank, serta transfer ke sesama akun DOKU. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pembelian pulsa dan paket data, berlangganan layanan berbayar, pembayaran tagihan listrik dan air, pembayaran TV berlangganan, cicilan multifinance, hingga pembayaran BPJS Kesehatan.


GO-PAY

Go-Jek juga memiliki layanan dompet digitalnya sendiri, yang disebut dengan GO-PAY. Tentu saja, fungsi utamanya adalah melakukan pembayaran pada layanan yang dimiliki oleh Go-Jek, seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, dan sebagainya.

Anda juga bisa melakukan transaksi pembayaran di merchant dan bisnis yang menyediakan pembayaran dengan aplikasi ini secara langsung. Bisnis tersebut biasanya bekerjasama dengan pihak Go-Jek, sehingga dapat menyediakan metode pembayaran dengan saldo GO-PAY.

Keamanannya sudah terjamin, karena masuk dalam salah satu sistem pembayaran dan e-wallet yang terdaftar di OJK. Jadi mengenai keamanan data pribadi dan saldo yang Anda miliki, idealnya sudah cukup terjamin.


DANA

DANA juga menjadi salah satu aplikasi e-wallet yang cukup banyak digunakan di Indonesia, baik dari segi pengguna konsumen atau pengguna pemilik bisnis. Dengan mengkombinasikan sistem pembayaran yang disediakan dengan konsep open platform, Anda bisa melakukan pembayaran dengan layanan transaksi digital dari vendor yang telah bekerjasama dengan pihak DANA.

Selain melakukan pembayaran dengan pihak yang sudah bekerjasama secara langsung dengan pembayaran jarak jauh, Anda juga bisa melakukan pemindaian QR Code di merchant yang menggunakan layanan DANA sebagai salah satu pembayaran yang didukungnya. Telah mendapat izin dari Bank Indonesia, memenuhi ketentuan soal izin penggunaan uang elektronik, e-wallet, Lembaga Keuangan Digital, dan transfer uang online, DANA semakin mantap melayani masyarakat Indonesia.


LinkAja

Aplikasi e-wallet yang satu ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant atau bisnis yang telah bekerjasama dengan pihaknya sebagai media pembayaran yang diterima. LinkAja sendiri berdiri di bawah bendera Telkomsel, serta bisa diisi saldonya dari berbagai rekening bank lewat aplikasi mobile banking dan internet banking.

Anda bisa menggunakan saldo LinkAja untuk membeli BBM, pengiriman uang secara langsung, pembelian pulsa dan layanan internet, serta pembayaran tagihan rutin seperti listrik dan PDAM. Karena berada di bawah bendera BUMN, layanan LinkAja dapat dikatakan sebagai salah satu layanan yang memiliki jaringan kuat di berbagai lini bisnis.

 

Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda harus bisa mengakomodir pembayaran dengan berbagai akun e-wallet tersebut di atas. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan layanan payment gateway yang mampu mendukung pembayaran dengan berbagai dompet digital. Jokul by DOKU, akan jadi jawaban paling tepat untuk kebutuhan Anda mengakomodir pembayaran melalui berbagai platform. Tak hanya pembayaran lewat dompet digital seperti yang disebutkan di atas tadi, namun juga melalui virtual account, kartu kredit, online to offline, kartu debit, dan sebagainya. Jadi, bisnis Anda bisa ramah terhadap semua jenis pembayaran, sehingga memudahkan pelanggan ketika akan bertransaksi.

Segera gunakan Jokul by DOKU untuk mendukung pembayaran dengan e-wallet di bisnis Anda, dan rasakan keuntungannya sekarang juga!

 

0 komentar:

Posting Komentar