5 Olahan Daging Kambing Yang Bisa Bertahan Lama


Daging Kambing


Mengolah daging dari kambing memang membutuhkan ketrampilan khusus dibanding mengolah daging lainnya. Hal ini karena daging hewan kambing mempunyai bau yang khas. Beberapa olahan daging kambing berikut ini akan membuat makanan satu ini bisa lebih awet dan tahan lama sehingga bisa disimpan untuk bekal bepergian atau untuk persediaan makanan di rumah.

5 Olahan Daging Hewan Kambing Yang Tahan Lama

1. Rendang Kambing

Rendang terkenal sebagai salah satu olahan makanan yang bisa bertahan lama. Rendang biasanya digunakan untuk bekal berlayar masyarakat di Sumatra, ataupun juga bisa disimpan untuk bekal anak perantauan pada saat itu. Kini Rendang sudah bisa ditemukan dimana-mana. Tak hanya dijual di restoran padang saja, tetapi anda juga sudah bisa memasaknya dirumah.

Rendang yang pernah masuk dalam jajaran masakan terenak di dunia ini biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu rendang basah dan rendang kering. Keduanya pun punya tingkat keawetan yang hampir sama. Tetapi bila untuk bekal perjalanan jauh atau untuk stock makanan, lebih baik anda memilih rendang daging kambing kering, karena tak perlu menghangatkan terlebih dahulu sebelum dimakan.

2. Abon Kambing

Olahan daging dari kambing lainnya adalah abon. Makanan satu ini juga sudah banyak di konsumsi masyarakat Indonesia. Abon bisa dibuat dengan udah menggunakan bahan daging apapun. Abon daging ayam, Abon daging sapi hingga abon dari daging hewan kambing. Selain mudah memasaknya, untuk cara penyimpanannya pun mudah.

Abon daging dari kambing ini bisa anda simpan dalam box atau plastik lalu di masukkan dalam kulkas. Abon sangat cocok bila dimakan dengan nasi putih hangat atau untuk taburan makanan lainnya. Tekstur abon cenderung kering sehingga bila anda ingin memakan abon tidak perlu di hangatkan terlebih dahulu, sangat praktis bukan.

3. Dendeng Kambing

Mengolah daging kambing menjadi dendeng juga bisa menjadi pilihan yang sempurna. Dendeng berbeda dengan abon yang berbentuk halus dan kering. Dendeng adalah olahan daging yang diiris tipis kemudian dikeringkan setelah dimasak dengan bumbu. Dendeng masih mempertahankan bentuk asli irisan gading sehingga olahan daging ini sangat cocok untuk dijadikan lauk.

4. Serundeng

Tekstur serundeng hampir sama dengan abon. Tetapi perbedaan antara kedua masakan ini adalah serundeng menggunakan campuran kelapa parut sedangkan abon tidak. Dengan mencampurkan kelapa parut dalam olahan daging yang dihaluskan seperti ini, akan menambah cita rasa gurih yang khas untuk serundeng.

Serundeng bisa disimpan dalam waktu yang lama karena mempunyai tekstur yang halus dan kering. Disimpan dalam suhu ruangan maupun di masukkan dalam kulkas pun bisa. Di sajikan dengan nasi panas atau sebagai tambahan lauk untuk makanan lainnya pun cocok. Serundeng juga cukup aman dimakan oleh anak anak atau manula karena teksturnya yang tidak keras.

5. Empal Gepuk

Olahan daging kambing berikutnya yang tak kalah enak dan tahan lama adalah empal. Berbeda dengan dendeng, irisan empal lebih tebal sehingga bentuk dagingnya masih begitu terasa. Dengan racikan bumbu rempah rempah yang khas, membuat empal sangat cocok disajikan untuk lauk pendamping nasi atau anda bisa menyajikannya dengan sambal dan lalapan.

Makanan olahan daging seperti ini memang lezat, apalagi dengan berbagai bumbu rempah rempah yang digunakannya. Tetapi makan makanan berkolesterol seperti ini terlalu berlebihan juga tidak disarankan karena akan menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, menakar porsi makanan dan tidak terlalu sering memakannya akan menjadi tindakan pencegahan timbulnya penyakit kemudian hari.

 

0 komentar:

Posting Komentar