Lakukan Aktivitas Ini untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Selama Pandemi


Sosial Anak


Anak dengan usia dini, biasanya akan mengenyam pendidikan formal pertama mereka di kindergarten atau taman kanak-kanak. Pada tingkatan ini, anak akan dipersiapkan baik secara jasmani maupun rohani melalui serangkaian kurikulum pendidikan untuk memasuki tingkat lebih lanjut yakni di Sekolah Dasar. Namun, dengan berkembangnya pandemi seperti sekarang tentu akan membuat beberapa aktivitas menjadi berubah dan terganggu. Seperti sekolah yang dijalankan secara daring sampai pembatasan aktivitas sosial anak dengan kawan sebayanya.

Menurut Nandwijiwa & Aulia (2020: 3145-3151), Orang tua memiliki peranan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan sosial untuk anak usia dini selama masa pandemi. Untuk itu, tiap orang tua harus mengetahui aktivitas apa saja yang dapat membantu meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak agar kelak jika pandemi usai dan sekolah dapat menerapkan sistem tatap muka kembali, anak mampu bersosialisasi dengan baik. Simak beberapa aktivitas yang dapat para orang tua lakukan bersama anak tercinta di tengah pandemi untuk mendukung aktivitasnya sebagai berikut.

·         Ajak anak bercerita dan tanggapi dengan sepenuh hati

Salah satu hal mendasar dari perbedaan antara hubungan anak dengan orang tua versus anak dengan teman sebayanya adalah kesamaan akan minat tertentu. Anak dan teman sebayanya akan melihat bahwa bermain sebuah papan permainan sebagai suatu aktivitas yang menyenangkan, sedangkan orang tua bisa saja menganggap permainan tersebut terlalu menghabiskan waktu. Untuk itu, ajaklah anak ditengah aktivitasnya untuk dapat bercerita soal apa yang sedang ia gemari. Pada moment ini, Anda sebagai orang tua harus dapat menanggapi dengan sepenuh hati, mendengar dengan seksama dan tunjukan sikap minat yang serupa dengan apa yang diceritakan oleh anak. Hal ini juga akan mendorong anak Anda untuk lebih terbuka dan percaya kepada Anda sebagai ‘sahabatnya’.

·         Ajak anak berkenalan dan mengobrol rutin dengan teman sebaya.

Meski sudah terdapat agenda kelas daring yang dijadwalkan oleh sekolah, namun tidak ada salahnya sebagai orang tua untuk mengajak anak agar lebih mengenal teman sebaya melalui panggilan video secara personal. Maksudnya di sini adalah, Anda dapat mengagendakan jadwal khusus untuk dapat mengobrol singkat dengan orang tua dan teman sebaya anak diluar agenda dari sekolah. Ajak orang tua lain untuk ikut serta dalam aktivitas ini dan selama panggilan video berlangsung, Anda dapat membicarakan soal game kesukaan anak-anak sampai karakter dan acara tv favorit. Aktivitas ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sosial anak untuk dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan tidak kaget saat nantinya bertemu dengan teman saat sekolah tatap muka.

Itu dia beberapa aktivitas yang dapat dilakukan bersama anak untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi mereka selama pandemi. Manfaatkan momen ini untuk lebih memahami ketertarikan anak terhadap sesuatu dan dukung penuh aktivitasnya agar dapat kelak mencapai cita-cita.

0 komentar:

Posting Komentar